Host to Host: Kunci Konektivitas Pembayaran Perusahaan

Di era perkembangan teknologi, dunia bisnis didorong untuk selalu memanfaatkan kemajuan demi proses bisnis yang lebih cepat, efektif, dan akurat. Dalam konteks ini, sistem pembayaran menjadi salah satu faktor penting karena setiap aspek dalam bisnis berkaitan erat dengan transaksi keuangan.

Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat transformasi digital yang menyebabkan pembayaran manual berkembang menjadi pembayaran otomatis melalui konektivitas host to host. Sistem tersebut dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda secara signifikan.

Apa Itu Host to Host?

Gambar: Pengertian Server Host To Host

Host to host (H2H) adalah sistem yang menghubungkan satu server dengan server lain secara langsung. Arti host dalam Bahasa Inggris adalah tuan rumah. Sedangkan dalam teknologi, host dimaknai sebagai sebuah komputer yang membuat penggunanya dapat terhubung secara online dan real time. Server ini banyak digunakan untuk mengatur sistem yang berhubungan dengan transaksi secara online

Sistem H2H tidak hanya menyederhanakan proses pembayaran, tetapi juga dampak bisnis pada keseluruhan bidang bisnis. menciptakan keterhubungan langsung antara agen dan berbagai bank. Salah satu contoh nyata penerapan H2H adalah dalam transaksi online seperti  PPOB, BPJS, PLN, dan sebagainya. 

Melalui sistem ini, risiko kesalahan yang disebabkan oleh manusia dapat diminimalisir. Hal tersebut disebabkan karena transaksi  dilakukan dengan mengoptimalkan hubungan antara agen dan lembaga keuangan. Dengan begitu, transaksi yang berlangsung dapat dipastikan lebih efisien dan akurat.

Pembayaran sistem otomatis host to host menjadi langkah strategis untuk menjaga daya saing bisnis Anda dan menjadi nilai unggul perusahaan Anda di tengah persaingan ketat.

Pembayaran dengan Sistem H2H

Gambar: Pembayaran dengan Sistem H2H

Anda pasti tidak asing tentang adanya kebiasaan jual beli online. Dengan adanya teknologi e-commerce, belanja apapun terasa lebih mudah walaupun dilakukan dari rumah.  Kemudahan tersebut menyebabkan kuantitas transaksi yang terjadi secara online semakin meningkat. 

Dengan adanya peningkatan tersebut, pihak ecommerce selalu meningkatkan kualitas sistem transaksi agar dapat menyediakan pembayaran yang aman untuk digunakan oleh user. Akan tetapi, untuk menjalankan proses tersebut, dibutuhkan sistem pembayaran yang otomatis.

Dalam konteks ini, sistem yang bisa membantu proses pembayaran tersebut adalah konektivitas host to host.  Dengan sistem H2H, bisnis apapun dapat melakukan pembayaran secara langsung real time tanpa adanya perantara untuk seluruh jenis bank. 

Cara Kerja Host to Host

Gambar: Cara Kerja Host to Host

Sistem host to host terhubung secara langsung. Komunikasi yang terjadi tidak melibatkan manusia dengan komputer melainkan komputer dengan komputer. Manusia dalam konteks ini hanya berperan sebagai pemantau kinerja sistem.

Sistem pembayaran yang terjadi pada sistem H2H melibatkan 4 pihak yaitu pihak provider, biller aggregator (Bukalapak), client, dan end user. Koneksi yang tercipta terjadi secara online dan berlangsung secara real time sehingga tidak memerlukan intervensi secara manual.

Pada transaksi antara client dengan provider, proses tersebut melibatkan program yang telah tercustom secara otomatis untuk mencetak file pembayaran dari provider lalu dienkripsikannya untuk dikirim secara langsung client melalui server SFTP (server untuk mendownload dan mengupload file ke internet) oleh proses H2H. 

Client menerima file, memprosesnya lalu mengirimkan file respons ke sistem H2H. Respon file tersebut didekripsi oleh SAP untuk disimpan dalam format tabel. Seluruh proses tersebut berlangsung otomatis dan dapat dipantau oleh pengguna melalui program laporan.

Jika perusahaan Anda perlu meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam menangani transaksi telco, PPOB, dan multi finance provider, Servermitra adalah solusi yang tepat. Servermitra adalah partner server yang akan membantu klien untuk menyelesaikan berbagai transaksi terkait dengan layanan tersebut. Dengan adanya server ini, proses integrasi akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.


Ilustrasi Pembayaran Host to Host

Cara kerja sistem H2H memang hanya bisa dibayangkan karena berlangsung secara online. Untuk memudahkan pemahaman terkait cara kerja sistem tersebut, sebagai contoh, H2H dimanfaatkan dalam lingkungan rumah sakit. Lalu, diilustrasikan Anda adalah pihak rumah sakit yang ingin membayar tagihan PDAM, PLN, dan Pajak. Berikut adalah ilustrasi pembayaran yang terjadi:

Ilustrasi: Pembayaran Host to Host
  1. Rumah Sakit Mengisi Deposit ke Server Mitra

Deposit digunakan untuk alat pembayaran seluruh tagihan yang dimiliki oleh pihak rumah sakit. Besaran deposit ditentukan oleh pengeluaran yang dimiliki oleh rumah sakit. 

  1. Pengecekan Tagihan melalui Database Sistem Informasi (inquiry)

Server Mitra menghubungkan sistem biller aggregator dengan database sistem informasi melalui web service secara one time integration terkait tagihan yang ada. Seperti tagihan listrik, PDAM, TV cable, dan lainnya.

  1. Respon dari Web Service

Jika tagihan ditemukan, web service memberikan respon ke Server Mitra  Lalu pihak rumah sakit dapat melihat keterangan tagihan tersebut.

  1. Konfirmasi Payment oleh Rumah Sakit dan Pemotongan Deposit

Setelah proses inquiry dan tagihan ditemukan, pihak rumah sakit mengkonfirmasi nominal yang tertera pada tagihan. Pembayaran tagihan dilakukan dengan cara memotong saldo deposit rumah sakit. Saldo tersebut diteruskan oleh web service yang menghubungkan biller aggregator dengan sistem informasi rumah sakit.

  1. Input Data Pembayaran ke Sistem Informasi Rumah Sakit

Server Mitra memasukkan data pembayaran ke sistem informasi rumah sakit. Data pembayaran tercatat dan dapat diakses dalam database sistem rumah sakit.

Dengan adanya server H2H, pembayaran seluruh tagihan rumah sakit menjadi lebih praktis tanpa harus melakukan pembayaran tunai secara manual. Anda dapat melakukan pembayaran tersebut secara otomatis dan terhubung antara rumah sakit dengan lembaga keuangan. 

Kelebihan Sistem Server H2H

Beberapa kelebihan sistem server H2H sangat bervariasi yang tentu memberikan manfaat yang signifikan dalam bisnis. Berikut penjelasannya:

  1. Menyediakan sistem pembayaran efisien antara perusahaan dengan klien. Sistem ini dapat menghemat tenaga, uang dan waktu. 
  2. Pembayaran yang berlangsung memanfaatkan bank yang telah ada sehingga Anda tidak perlu membuat sistem maupun pihak ketiga
  3. Pembayaran otomatis yang berlangsung memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin terkait pembayaran, invoice, dan konfirmasi pembayaran. 
  4. Anda hanya perlu membayar satu kali deposit untuk melakukan banyak jenis transaksi. Selain itu, sistem ini tidak memberlakukan saldo mengendap. Dengan begitu, modal yang perlu Anda keluarkan untuk bisnis PPOB ini lebih hemat. 
  5. Keputusan bisnis dapat diambil secara cepat  karena terdapat proses pelaporan, dan otomatisasi proses rekonsiliasi.
  6. Pembayaran diproses secara aman karena pengiriman hanya melibatkan dua pihak yaitu server perusahaan dan server bank. Didalamnya terdapat teknologi enkripsi dan digital signature untuk kerahasiaan
  7. Informasi keberhasilan transaksi dapat diterima secara langsung dari bank secara real time.

Dengan demikian, memanfaatkan server H2H bukan hanya investasi dalam efisiensi operasional, tetapi juga strategi yang cerdas untuk meningkatkan performa bisnis Anda secara keseluruhan.


Tips Memilih Server Host to Host

Gambar: Memilih Server H2H

Pembayaran H2H adalah tipe transaksi bisnis dimana satu host melakukan pembayaran kepada host lain secara online. Sistem ini terhubung dengan sistem perbankan dan biasanya mengatur perputaran uang dengan jumlah yang cukup besar. 

Sistem H2H cocok untuk membantu bisnis besar yang sedang Anda rencanakan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih server:

  1. Keamanan

Keamanan adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Pastikan server H2H yang Anda pilih memiliki fitur keamanan yang kuat termasuk saat enkripsi data, maupun terhadap serangan cyber.

  1. Skalabilitas

Provider H2H bekerja dengan perusahaan ukuran bisnis yang besar. Jika Anda baru saja memulai bisnis dan baru memiliki transaksi yang kecil, mungkin Anda perlu mempertimbangkan server lain. 

  1. Keandalan dan Performa

Evaluasi kinerja sistem yang berlangsung. Termasuk kecepatan pemrosesan transaksi dan waktu respons. Performa yang baik memastikan bahwa proses pembayaran dan pertukaran data berlangsung efisien. Hal ini penting karena kemampuan tersebut berpengaruh terhadap hubungan perusahaan dengan mitra bisnis.

  1. Kemudahan Pengelolaan

Pilih server dengan interface yang baik dan mudah digunakan. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah mengelola transaksi dan mengakses laporan.

  1. Biaya Operasional

Pertimbangkan biaya operasional dan total cost of ownership. Sebab, biaya operasional, pemeliharaan dan upgrade sistem penting untuk investasi jangka panjang

  1. Kepatuhan Regulasi

Pastikan server H2H mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku. Kepatuhan ini penting untuk menjaga integritas data dan privasi pelanggan. 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah disebutkan tadi, Anda dapat memilih server H2H yang cocok dengan kebutuhan bisnismu. Itu tadi penjelasan terkait sistem host to host. Tingkatkan efisiensi bisnismu dengan mengadopsi sistem pembayaran H2H. Optimalkan pembayaran dan bangun kepercayaan dengan mitra bisnis yang lebih erat . Dengan keamanan tinggi dan fasilitas enkripsi canggih, Server Mitra dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap informasi keuangan bisnis Anda. Mari bergabung bersama Server Mitra!

Tinggalkan komentar